Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Akibat Kebiasaan Mengunyah Sirih Untuk Kesehatan Gigi

Akibat Kebiasaan Mengunyah Sirih Untuk Kesehatan Gigi

Thursday, May 16th 2013. | Kesehatan Gigi Dan Mulut, Tips Hidup Sehat

mengunyah sirihKebiasaan Nginang atau menguyah daun sirih masih banyak dilakukan oleh generasi tua kita saat ini, persepsi yang timbul dari kebiasaan nginang ini adalah gigi akan menjadi awet, tidak rusak, tetap sehat sampai tua.

Kenyataan memang demikian karena banyak orang yang menginang, gigi geliginya masih bagus sampai usia tua. Meskipun demikian, ada akibat yang ditimbulkan dari kebiasaan nginang ini terhadap kesehatan gigi, berikut ini ulasannya :

Ramuan sirih terdiri dari : Daun Sirih, Gambir, Buah Pinang, Tembakau dan Kapur. Akibat dari ramuan sirih ini Gigi geligi akan menjadi aus dan berwarna kemerahan. Resesi gusi dan iritasi pada mukosa mulut atau leukoplak dapat terjadi akibat tekanan tembakau. Penumpukan kalkulus atau karang gigi dapat pula terjadi karena adanya unsur kapur didalam ramuan sirih yang menyebabkan suasana basa di dalam mulut.

Silikat yang terdapat di dalam daun tembakau dan pengunyahan dalam waktu lama berangsur-angsur akan mengikis elemen gigi sampai gingiva. Elemen-elemen ini berubah warna menjadi cokelat, tidak sakit karena proses berjalan lambat dan terus-menerus.

Demikianlah sekilas tentang Akibat Kebiasaan Nginang Untuk Kesehatan Gigi, semoga bermanfaat.

Advertisement
tags: , ,

Comment For Akibat Kebiasaan Mengunyah Sirih Untuk Kesehatan Gigi