Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » 9 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Untuk Ibu Hamil

9 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Untuk Ibu Hamil

Sunday, September 1st 2013. | Kesehatan Gigi Dan Mulut, Perawatan Gigi

9 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Untuk Ibu Hamil9 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Untuk Ibu Hamil – Bagi anda  para ibu hamil kesehatan gigi dan mulut hendaknya harus dijaga, karena dapat mempengaruhi kondisi kesehatan janin yang ada diperut anda. Masalah kesehatan gigi dan mulut yang sering dialami oleh para ibu hamil ialah adanya pembengkakan gusi (Gingivitis Gravidarum), resiko terjadinya gigi berlubang (caries) dan menyebabkan radang gusi / gusi bengkak (Gingivitis Gravidarum).

Berikut ini adalah beberapa dalam menjaga gigi dan mulut untuk ibu hamil agar tetap sehat, diantaranya :

  1. Gunakan sikat gigi yang lembut dan ukuran yang sesuai.
  2. Pada waktu ibu hamil muntah  atau sering mengeluarkan air liur jangan lupa untuk  berkumur, bisa dengan air hangat yang dibubuhi garam. Kumur dengan air hangat juga bermanfaat  untuk membersihkan sisa lemak – lemak pada rongga mulut dan sela gigi
  3. Bila perlu pilih pasta gigi  yang tidak merangsang terjadinya alergi, terutama untuk gusi yang sensitif,  dan yang terpenting juga adalah memilih pasta gigi yang akan membuat kondisi mulut menjadi lebih segar sehingga tidak mudah mual (biasanya selama hamil ibu hamil mudah sekali merasa mual dan muntah).
  4. Lakukan penyikatan gigi secara benar dan gerakan sikat melingkar dengan hati hati di sela – sela gigi. Sikat gigi arah atas ke bawah dan sebaliknya arah bawah ke atas. minimal menggosok gigi 2 kali sehari (sebelum dan setelah tidur, lebih baik jika setiap setelah makan).
  5. Bila ada gangguan  kesehatan pada mulut yang perlu menggunakan obat kumur , sebaikny.a memperhatikan  label pada kemasan  tentang keterangan kontra indikasi untuk ibu hamil . Penggunaan obat kumur terutama untuk mengatasi bakteri penyebab bau mulut  maupun membersihkan keasaman pada rongga mulut bagi ibu hamil perlu berkonsultasi dengan dokter gigi.
  6. Bila mempunyai gigi palsu lakukan perawatan gigi palsu secara  teratur
  7. Konsumsi buah buahan berserat yang banyak mengandung Vitamin C dan Vitamin B12 karena baik untuk gusi.
  8. Penuhi kebutuhan kalsium sesuai dengan anjuran dokter atau bidan, terutama dari sumber zat makanan alami, karena kalsium yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga diserap oleh calon calon bayi.
  9. Kurangi konsumsi makanan yang manis dan asam karena jenis makanan seperti itu cenderung bisa menimbulkan masalah kerusakan pada gigi

Apabilah telah terjadi kerusakan gigi dan mulut selama masa kehamilan sebaiknya pengobatannya dilakukan setelah anda melahirkan demi menjaga kesehatan anda dan juga kesehatan janin di dalam kandung anda.

Advertisement
tags: , , , , , , , ,

Comment For 9 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Untuk Ibu Hamil