Home » Kesehatan Gigiku » 7 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Gigi

7 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Gigi

Sunday, September 22nd 2013. | Kesehatan Gigiku, Tips Hidup Sehat

7 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Gigi7 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Gigi - Makanan selain sekedar pengisi perut atau pemuas rasa lapar, makanan juga berpengaruh bagi Kesehatan kita tergantung makanan apa yang kita makan. Makanan selain berpengaruh bagi kesehatan tubuh, makanan juga dapat berepengaruh bagi kesehatan gigi.

Dan berikut ini adalah daftar jenis makanan sehat baik untuk gigi diantaranya:

1. Buah dan sayur berserat tinggi

Buah dan sayur berserat tinggi selain mampu untuk menyikat permukaan gigi, makanan yang mengandung serat tinggi juga dapat menstimulasi aliran saliva (Saluran air ludah) yang juga berperan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut. Saliva merupakan salah satu alat pertahanan tubuh. Dia dapat menetralisir asam penyebab kerusakan gigi, serta mengandung kalsium dan fosfat sebagai nutrisi yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan awal dari jaringan gigi.

2. Air

Air adalah hal yang mutlak dibutuhkan oleh tubuh kita, termasuk gigi dan rongga mulut. Air merupakan komponen utama dari saliva. Air juga dapat membersihkan sisa makanan dan asam yang ada di dalam mulut dengan cara dikumurkan.

3. Produk susu

Produk susu (yang tidak ditambahkan gula) dapat menolong gigi dengan beberapa cara. Produk susu mengandung kalsium dan fosfat yang dibutuhkan oleh gigi. Susu juga mengandung vitamin D yang membantu tubuh untuk memanfaatkan asupan kalsium dengan optimal. Salah satu produk susu yaitu keju juga dapat meningkatkan aliran saliva.

4. Xylitol

Permen karet yang mengandung pemanis yang disebut dengan xylitol (sejenis gula yang diekstraksi dari beberapa jenis tanaman) dapat mencegah pembentukan lubang gigi dengan cara melawan bakteri pembentuk lubang gigi yang bernama Streptococcus mutans. Permen karetnya sendiri juga membantu menjaga kebersihan mulut dengan cara merangsang produksi saliva dan “menyikat” permukaan gigi dari timbunan plak.

5. Teh

Kopi, teh hijau dan teh hitam mengandung senyawa yang disebut dengan polyphenol yang dapat berinteraksi dengan bakteri pembentuk plak. Senyawa ini dapat membunuh, menekan pertumbuhan bakteri, ataupun mencegah mereka untuk memproduksi asam pembentuk lubang gigi. Selain teh dan kopi, coklat juga memiliki kemampuan anti-Streptococcus mutans penyebab gigi berlubang. Tapi tentu saja bukan coklat batangan yang mengandung gula.

6. Kacang

Kacang mengandung vitamin dan mineral yang dapat menjaga kesehatan gigi. Diantaranya kacang tanah (kalsium dan vitamin D), almond (kaya kalsium), mete (merangsang produksi saliva dan membersihkan gigi), walnut (serat, asam folat, zat besi, thiamine, magnesium, niacin, vitamin E, vitamin B6, potassium, dan zinc).

7. Sumber-sumber vitamin dan mineral

Makanan yang mengandung vitamin A, C, dan D, maupun makanan yang mengandung mineral seperti kalsium dan fosfor, kesemuanya baik untuk menjaga kesehatan gigi. Makanan ini meliputi daging sapi, telur, ikan, kentang, bayam dan sayuran hijau lainnya, sereal dengan tambahan nutrisi, tahu, buncis, gandum utuh, dan poultry.

Advertisement
tags: , , , , , , , , , , ,

Comment For 7 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Gigi