Home » Kesehatan Anak » 6 Cara Perawatan Gigi Susu

6 Cara Perawatan Gigi Susu

Monday, December 31st 2012. | Kesehatan Anak, Perawatan Gigi

6 Cara Perawatan Gigi Susu – Gigi susu adalah gigi yang memiliki bentuk yang lebih kecil dari gigi tetap,memilik struktur lebih tipis, berwarna lebih putih dari pada gigi lainnya dan lebih rentan terhadap karies gigi. Gigi susu biasa banyak di jumpai pada balita.

Fungsi gigi susu:

  • Mengunyah makanan.
  • Berbicara.
  • Estetika/membentuk wajah.
  • Sebagai penuntun tumbuhnya gigi tetap.

Untuk mendapatkan gigi susu yang sehat diperlukan perawatan gigi susu. Seperti apa perawatan gigi susu bagi anak-anak? Berikut ini uraiannya.

  1. Mulailah perawatan sedini mungkin. yaitu saat bayi baru berusia sekitar 6 bulanan. Karena pada saat itu, bayi sudah mulai terangsang gigi susunya seiring dengan diberikannya makanan pendamping asi. Perawatan yang bisa dilakukan saat gigi susu baru ke luar misalnya saja adalah menggosok gigi dengan sikat gigi yang halus.
  2. Pemberian air putih setelah pemberian ASI atau makan juga bisa juga jadi salah satu perawatan gigi susu pada anak. Tujuannya yaitu membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel di gigi yang akan berisiko menjadi sarang kuman dan membuat gigi menjadi rusak.
  3. Kontrol penggunaan minuman dalam sippy cup. Penggunaan minuman dalam sippy cup sebagai pengganti botol secara terus menerus bisa dapat berbahaya bagi kesehatan gigi susu.
  4. Kontrol penggunaan empeng. Penggunaan empeng memang berguna dalam mencegah sindrom kematian tiba-tiba pada bayi. Akan tetapi perlu diingat bahwa empeng adalah untuk bayi bukan untuk anak-anak yang sudah lebih besar. Penggunaan empeng yang terbawa hingga anak usianya lebih besar dapat merusak gigi pada anak, tepatnya susunan gigi. Baik gigi susu maupun gigi permanen.
  5. Jaga selalu kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut. Tak hanya orang dewasa, bayi dan anak-anak juga harus diperhatikan kesehatan serta kebersihan gigi dan mulutnya. Hal ini tentu saja agar gigi anak terhindar dari penyakit-penyakit gigi dan mulut serta penyakit-penyakit saluran pencernaan. Harus diingat bahwa kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut memegang peranan penting dalam perawatan gigi anak.
  6. Konsultasikan gigi anak-anak Anda secara rutin ke dokter gigi.
Advertisement
tags: , , , , , ,

Comment For 6 Cara Perawatan Gigi Susu