Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » 4 Indikator Warna Lidah Untuk Kesehatan

4 Indikator Warna Lidah Untuk Kesehatan

Monday, October 7th 2013. | Kesehatan Gigi Dan Mulut, Tips Hidup Sehat

4 Ind4 Indikator Warna Lidah Untuk Kesehatanikator Warna Lidah Untuk Kesehatan   РSama seperti halnya dengan kuku dan urin, lidah juga dapat menjadi indikator untuk menentukan kesehatan manusia, dan hal tersebut bisa dilihat dari warnanya. Kita semua telah mengetahui fungsi Lidah yaitu sebagai indra pengecap dan pendeteksi rasa makanan seperti asam, manis, asin, pahit, atau pun pedas. Kendati demikian, tidak sedikit dari kita yang sering mengabaikan fungsi dari lidah sehingga kurang melindungi melindungi dan menjaga kebersihannya.

Menurut Bambang Nursasongko, Specialist in Conservative Dentistry di UI, menyatakan bahwasanya sebagian besar dari kita hanya berfokus pada kesehatan gigi dan gusi saja namun mengabaikan kesehatan lidah itu sendiri. Padahal menurutnya, kesehatan mulut akan selalu terjaga apabila kondisi lidah juga sehat.

Warna Lidah Sebagai Indikator Kesehatan

Permukaan lidah hendaknya memerlukan perawatan secara reguler karena dimana permukaan lidah adalah tempat berlabuhnya berbagai jenis bakteri makanan. Lidah dapat dibersihkan dengan memakai kain lembut. Kondisi lidah seseorang bisa diamati dari tekstur warnanya. Hal ini tentunya tidak sulit untuk mengkategorikan mana lidah yang sehat dan mana yang tidak. Seseorang juga dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuhnya dari  melihat warna lidah. Bagaimana penjelasannya? Simak ulasannya berikut ini..

1. Lidah berwarna putih

Hal ini umumnya terjadi pada seseorang yang kurang darah, sedang menderita tipes, influenza, atau mempunyai masalah dengan pencernaan.

2. Lidah berwarna merah

Hal ini biasanya terjadi pada seseorang yang sedang mengalami panas tinggi. Apabila terdapat bintik merah, hal itu menandakan orang tersebut memiliki masalah dengan liver.

3. Lidah berwarna kuning

Walaupun tidak secara langsung menjadi pertanda bahwa seseorang terkena penyakit, lidah berwarna kuning bisa menjadi indikator bahwa orang tersebut terlalu banyak merokok dan makan makanan yang pedas.

4. Lidah berwarna ungu

Lidah yang terlihat keunguan biasanya menjadi pertanda bahwa peredaran darah seseorang kurang lancar atau dia sedang mengalami demam.

Semoga Bermanfaat.

Advertisement
tags: , , , , , , , , , ,

Comment For 4 Indikator Warna Lidah Untuk Kesehatan